Keris, Warisan Leluhur Nusantara

Halo bro sis hehehe 😀 Kali ini kita akan membahas tentang sebuah benda pusaka, yaitu Keris… Yuks dicokot ehh cekidot kita langsung saja… 😀

keris-pusaka-satria-kinurung[1]

Pengertian Keris

Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalah badik. Senjata tikam lain asli Nusantara adalah kerambit”.
Read More

Iklan

Batik, Salah Satu Keragaman Budaya Di Indonesia

Hallo wuzzup guyss… 😀 Di Indonesia ini kita memiliki beragam budaya, salah satunya batik… Yukk kita liat sejarah tentang batik… Cuss 😀

Batik Ciamis

Pengertian Batik

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.
Read More

Menikmati Segarnya Tengkleng

Hai hai hai… 😀 Mana nih pecinta tengkleng? Kalian udah tau belum sejarah dan hal-hal yang berkaitan tentang tengkleng? Kalo belum yukk cuss liat artikel dibawah… Cekidott 😀

hidangan-gulai-tidak-melulu-harus-pakai-santan-lho-tengkleng-salah-satunya-hp3MyUmT45

Sejarah Tengkleng

Terlepas dari nikmatnya rasa tengkleng ini, ada cerita yang cukup tidak mengenakkan dibelakang munculnya masakan yang biasanya terasa pedas dan gurih ini. Dahulu kala, ketika jaman penjajahan Belanda, hanya orang – orang kompeni atau pembesar-pembesar Belanda yang bisa menikmati kambing. Mungkin karena mahalnya harga kambing pada masa itu. Nah, para juru masak orang-orang Belanda ini tidak kehabisan akal. Karena biasanya hanya daging yang dimasak untuk dihidangkan, para juru masak menyimpan tulang-tulang kambing itu lalu dimasak dengan bumbu sederhana dan lalu terciptalah masakan tengkleng ini. Meskipun hanya tulang, biasanya masih ada sedikit daging yang menempel pada sisi tulang-tulang tersebut. Sampai sekarang pun, tengkleng yang dijual kebanyakan hanya menyuguhkan tulang kambing dengan sedikit daging, namun biasanya sudah ditambah dengan jeroan dari kambing.
Read More

Serabi Notosuman, Kue Lezat Khas Surakarta

Wuzzup guyss… 😀 Siapa nih yang gak tau serabi? Serabi ini makanan kesukaan acuu juga lohhh… 😀 Terutama serabi notosuman… Yang belum tau tentang serabi notosuman yukss cuss baca artikel dibawah ini… 😀

serabi-notosuman-solo-e1442197395688

SEJARAH SERABI NOTOSUMAN

Sebenarnya, Notosuman sendiri adalah nama sebuah jalan di Solo. Namun sekarang kamu tidak bisa menemukannya lagi karena sudah berganti nama menjadi Jalan Muh. Yamin. Adalah Hong Geng Hok dan Tan Giok Lan, pasangan suami-istri di Solo yang merintis usaha serabi pada tahun 1923-an. Arus pesanan yang mengalir deras dari tetangga membuat keduanya kewalahan dan akhirnya mengembangkan usaha tersebut agar lebih maju. Apalagi kala itu jajanan pasar masih belum banyak seperti sekarang.
Read More

Gudeg, Makanan Legend Dari Yogyakarta Dengan Cita Rasa Manis Dan Gurih Yang Khas

Halo guyss… 😀 Kalian pasti tau kan gudeg? Yups, makanan khas jogja kesukaan acuu yang pasti enakkk bangeettt… Kalian ingin tau tentang gudeg? Yuk cuss kita baca tentang gudeg

gudeg_indonesiatraveldb_com_grande

Sejarah Gudeg

Gudeg adalah masakan tradisional Jawa dari Yogyakarta dan Jawa Tengah, Indonesia. Dalam perkembangannya, masyarakat mengenal gudeg terkenal berasal dari Yogyakarta sehingga membuat kota ini dikenal dengan nama Kota Gudeg. Sejarah gudeg di Yogyakarta dimulai bersamaan dengan dibangunnya kerajaan Mataram Islam di alas Mentaok yang ada di daerah Kotagede pada sekitar tahun 1500-an. Gudeg sejatinya bukan berasal dari kerajaan tapi berasal dari masyarakat. Dikarenakan proses memasaknya yang lama, pada abad 19 belum banyak yang berjualan gudeg. Gudeg mulai populer dan banyak diperdagangkan pada tahun 1940-an saat Presiden Sukarno membangun Universitas Gajah Mada (UGM) hingga sekarang.
Read More

Umbul Ponggok, Tempat Mata Air Murni

Kalian pasti penasaran ..berenang sama ikan dan kalian juga di suguhkan air yang murni dan dingin ..

Harga-Tiket-Masuk-Umbul-Ponggok-Klaten-Terbaru

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Klaten. Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling. Tak hanya itu, Umbul Ponggok juga sering menjadi tempat latihan diving.
Read More

Megahnya Bangunan Candi Borobudur

Megah yaa.. itu kata kata yang tepat yah guys buat candi borobudur yuk kita liat artikel yg satu ini ….

HOTEL-DEKAT-CANDI-BOROBUDUR-CANDI-BOROBUDUR

Sejarah

Dinasti Sailendra membangun peninggalan Budha terbesar di dunia antara 780-840 Masehi. Dinasti Sailendra merupakan dinasti yang berkuasa pada masa itu. Peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah. Tempat ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha. Peninggalan ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 dibawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles. Area candi berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.
Read More

Cantiknya Candi Prambanan

kalian pasti penasaran candi prambanan itu kayak apa dan dalem nya ada apa aja yuk kita liat ….

fd47345c0f7dd8cda6d5ac1ddfb8ef6197b041b3

Candi Prambanan merupakan kompleks Candi Hindu tertinggi sekaligus tercantik di Indonesia. Candi ini sarat akan kisah cinta. Mulai dari legenda perjuangan Bandung Bondowoso untuk mendapatkan Roro Jonggrang, hingga kisah cinta Rama dan Shinta yang terpahat di dinding candi.
Read More

Keindahan Kali Biru Yang Hitz Instagramable

Yuk kita liat artikel kali biru cusss …..

Love Spot Kalibiru Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia

Kalibiru adalah objek wisata alam paling terkenal, populer dan nge-hits di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Indonesia, dalam beberapa bulan terakhir. Harga tiket masuk dan paket wisata yang murah dengan panorama pemandangan alam seperti surga, membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi turis, traveler hingga backpacker.
Read More