Menikmati Segarnya Tengkleng

Hai hai hai… 😀 Mana nih pecinta tengkleng? Kalian udah tau belum sejarah dan hal-hal yang berkaitan tentang tengkleng? Kalo belum yukk cuss liat artikel dibawah… Cekidott 😀

hidangan-gulai-tidak-melulu-harus-pakai-santan-lho-tengkleng-salah-satunya-hp3MyUmT45

Sejarah Tengkleng

Terlepas dari nikmatnya rasa tengkleng ini, ada cerita yang cukup tidak mengenakkan dibelakang munculnya masakan yang biasanya terasa pedas dan gurih ini. Dahulu kala, ketika jaman penjajahan Belanda, hanya orang – orang kompeni atau pembesar-pembesar Belanda yang bisa menikmati kambing. Mungkin karena mahalnya harga kambing pada masa itu. Nah, para juru masak orang-orang Belanda ini tidak kehabisan akal. Karena biasanya hanya daging yang dimasak untuk dihidangkan, para juru masak menyimpan tulang-tulang kambing itu lalu dimasak dengan bumbu sederhana dan lalu terciptalah masakan tengkleng ini. Meskipun hanya tulang, biasanya masih ada sedikit daging yang menempel pada sisi tulang-tulang tersebut. Sampai sekarang pun, tengkleng yang dijual kebanyakan hanya menyuguhkan tulang kambing dengan sedikit daging, namun biasanya sudah ditambah dengan jeroan dari kambing.

Sumber : https://sehatjajanan.wordpress.com/2013/10/01/tentang-tengkleng/

Cita Rasa Tengkleng

rica-tengkleng-solojpg-Y7i4

Salah satu keunikan Tengkleng ini terletak pada bahan dasarnya, selain tulang belulang dan tetelan, ada juga yang menggunakan bahan seperti jeroan, dan ada juga yang menggunakan bagian kepala kambing. Tengkleng ini di olah dengan cara khusus, sehingga daging yang menempel pada tulang kambing tersebut tidak alot dan mudah lepas. Selain itu kuahnya juga terbuat dari bumbu khusus, sehingga memiliki cita rasa yang khas. Kuah dari Tengkleng ini hampir sama dengan gulai, namun cenderung lebih bening karena tidak menggunakan santan. Aroma rempah pun sangat terasa pada kuah tersebut, sehingga memberikan citarasa yang khas pada makanan satu ini.

Tengkleng ini biasanya di sajikan selagi hangat bersama dengan nasi. Untuk menyantapnya ada yang menggunakan sendok, namun kebanyakan orang  menyantapnya menggunakan tangan telanjang. Walaupun daging yang menempel pada tulang ini mudah lepas dan tidak alot, namun menyantapnya dengan cara seperti itu juga akan menambah sensasi tersendiri. Selain daging yang menempel pada tulang, kita juga bisa menikmati sumsum pada tulang dengan cara menyedotnya. Kuah yang masuk ke tulang bercampur dengan sumsum tersebut memberikan sesasi tersendiri saat menyantapnya.

Sumber : http://www.negerikuindonesia.com/2015/06/tengkleng-makanan-tradisional-dari-solo.html

Macam-macam Tengkleng

  • Tengkleng Gajah

Peluang-Bisnis-Tengkleng-Gajah-dan-Analisa-Usahanya

Tengkleng Gajah merupakan olahan kambing dalam porsi “gajah” alias potongan tulangnya berukuran besar. Selain tengkleng yang diolah dengan bumbu dan rempah-rempah khusus sehingga menciptakan citarasa yang khas, di warung ini juga menyediakan sate, tongseng, dan nasi goreng kambing.

  • Tengkleng Kambing

10302132016-0630-16114800780x390

Tengkleng Kambing merupakan masakan sejenis sup khas Solo yang berbahan dasar daging, jeroan, dan tulang kambing. Sepintas menyerupai gulai kambing, hanya saja citarasanya berbeda dengan kuah yang lebih encer. Tengkleng Gajah disajikan dalam kondisi panas, dengan daging yang masih menempel di tulang. Aroma dan tampilannya begitu menggiurkan. Rasanya pun kaya dan menyegarkan.

Sumber : https://www.njogja.co.id/wisata-kuliner/tengkleng-gajah-sensasi-menikmati-tengkleng-dalam-porsi-gajah/

Yukk guys kita liat video segarnya tengkleng biar kalian pada ngiler hehehe… 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s