Keris, Warisan Leluhur Nusantara

Halo bro sis hehehe 😀 Kali ini kita akan membahas tentang sebuah benda pusaka, yaitu Keris… Yuks dicokot ehh cekidot kita langsung saja… 😀

keris-pusaka-satria-kinurung[1]

Pengertian Keris

Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalah badik. Senjata tikam lain asli Nusantara adalah kerambit”.

Sumber : http://indokeris.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-keris.html

Sejarah Keris

keriss

Sejarah Asal keris yang kita kenal saat ini masih belum terjelaskan betul. Relief candi di Jawa lebih banyak menunjukkan ksatria-ksatria dengan senjata yang lebih banyak unsur Indianya. Keris Budha dan pengaruh India-Tiongkok Kerajaan-kerajaan awal Indonesia sangat terpengaruh oleh budaya Budha dan Hindu. Candi di Jawa tengah adalah sumber utama mengenai budaya zaman tersebut. Yang mengejutkan adalah sedikitnya penggunaan keris atau sesuatu yang serupa dengannya. Relief di Borobudur tidak menunjukkan pisau belati yang mirip dengan keris. Dari penemuan arkeologis banyak ahli yang setuju bahwa proto-keris berbentuk pisau lurus dengan bilah tebal dan lebar. Salah satu keris tipe ini adalah keris milik keluarga Knaud, didapat dari Sultan Paku Alam V. Keris ini relief di permukaannya yang berisi epik Ramayana dan terdapat tahun Jawa 1264 (1342Masehi), meski ada yang meragukan penanggalannya. Pengaruh kebudayaan Tiongkok mungkin masuk melalui kebudayaan Dongson (Vietnam) yang merupakan penghubung antara kebudayaan Tiongkok dan dunia Melayu. Terdapat keris sajen yang memiliki bentuk gagang manusia sama dengan belati Dongson.

Sumber : http://yafi20.blogspot.co.id/2011/12/sejarah-dan-asal-usul-keris-dan.html

Bagian Utama Keris

wacana.co_Semar-Keris

I. Pesi
Dibeberapa daerah disebut pula dengan istilah Paksi atau Peksi. Merupakan ujung tangkai yang masuk ke dalam pegangan keris (Ukipan/dedep/deder). Pegangan ini disebut juga Hulu Keris di semenanjung melayu, sebagian sumatera dan riau. sedangkan di daerah sabah, serawak, brunei, semenanjung melayu, riau dan sumatera selatan, Pesi sering disebut dengan istilah Puting atau Punting.
II. Ganja (dibaca “gonjo”)
Ganja adalah bagian yang seolah merupakan alas dari kedudukan bilah keris. Pada tengah Ganja berlobang untuk lewat tangkai Pesi. Bagi sebilah keris, antara Bilah dengan Ganja merupakan suatu kesatuan yang sulit dipisahkan secara filosofi, karena kedua bagian ini mirip dengan perlambang Lingga dan Yoninya. Disemenanjung malayu dan kalimantan utara, bagian Ganja disebut Aring.
Bagian Ganja pada proses pembuatan keris dipotongkan dari pangkal bilah keris. Cara pembuatan semacam ini juga berlaku untuk Ganja Wulung yakni ganja tidak berpamor, jadi bagaimanapun, Ganja, Pesi dan Bilah merupakan satu kesatuan sejak dari awal pembuatan. Ganja yang menyatu bahannya dengan bilah keris disebut Ganja Iras.
III. Bilah atau Wilah atau Wilahan atau Awak-awak
Dibagi menurut tiga bagian besar yaitu bagian bawah dekat Ganja yang dinamai Sor-soran, lalu bagian tengah bilah yang disebut Tengah dan bagian ujung yang disebut Pucuk. Pucuk ini menurut bentuk konturnya, dibagi mencajadi 4 macam yakni Ngudhup Gambir (Bagaikan Kuncup Bunga Gambir), Mbuntut Tuma (bagaikan ekor kutu), Nggabah Kopong (bagaikan gabah padi tanpa isi) dan Nyujen (bagaikan bambu tusukan sate).
Sekarang yuks kita liat berbagai macam keris
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s