Batik, Salah Satu Keragaman Budaya Di Indonesia

Hallo wuzzup guyss… 😀 Di Indonesia ini kita memiliki beragam budaya, salah satunya batik… Yukk kita liat sejarah tentang batik… Cuss 😀

Batik Ciamis

Pengertian Batik

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

 

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Sejarah Batik

batik2

Berbagai pendapat para ahli dikemukakan mulai dari ahli dari dalam maupun luar negeri. Ada yang mengatakan batik di Indonesia itu mendapat pengaruh dari India bahkan jauh sebelum itu bersumber pada kebudayaan Mesir dan Persia. Ada juga yang berpendapat batik merupakan budaya asli bangsa Indonesia, jauh sebelum mendapat pengaruh dari India-Hindu, salah satunya adalah pendapat J.L. Brandes, seorang peneliti dari Belanda.

Demikian juga teknik pemberian warna dengan cara mencelup merupakan sesuatu yang telah lama dikenal dengan menggunakan bahan-bahan atau zat warna yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang hanya tumbuh di kepulauan Indonesia seperti indigo, tarum dan nila. Nama kerajaan Tarumanegara pada abad 5 M merupakan salah satu contoh petunjuk kita tentang adanya tumbuh-tumbuhan tersebut sejak zaman dahulu kala. Mengkudu (Morinda citrofolia) yang dipakai untuk mendapatkan warna merah adalah tumbuh-tumbuhan yang tidak terdapat di India. Kulit kayu-kayuan yang menghasilkan warna sawo atau lebih dikenal dengan soga (Pelthoporum ferrugineum Benth) berasal dari berbagai pulau, di antaranya Sulawesi. Lilin lebah sebagai bahan utama penutup dalam proses membatik berasal dari daerah Palembang dan Sumbawa yang terkenal sebagai pusat pemeliharaan lebah madu. Demikian juga damar mata kucing pencampur lilin berasal dari Kalimantan dan Sulawesi. Bukti lainnya yang membedakan jika di Indonesia proses pencelupan dalam pewarnaan merah dari mengkudu dengan air dingin, kalau di India proses pewarnaanya dengan cairan panas yang mendidih. Penggunaan alat membatik yang disebut dengan canting tidak terdapat di India Selatan, ini merupakan perbedaan yang besar antara seni batik Indonesia dengan kain-kain berwarna India. Canting-lah yang merupakan salah satu sebab tingginya mutu seni batik yang memperlihatkan keindahan corak yang sama antara bagian luar dan dalam. Hal yang tidak dimiliki oleh kain-kain berwarna dari India yang menggunakan stempel atau pena kayu yang hanya memperlihatkan bagian luar saja.

Jika dilihat dari segi pola, hampir semua pola batik di Indonesia terinspirasi dari lingkungan sekitarnya seperti tanaman-tanaman dan binatang yang ada di Indonesia, walaupun dalam perkembanganya juga tidak menafikkan adanya pengaruh-pengaruh budaya asing. Sedangkan pola geometris memperlihatkan garis serta gaya yang dikenal di seluruh Nusantara.

Sumber : http://seputarkampus.com/2013/09/17/sejarah-singkat-seni-batik/

Macam-Macam Batik

large-5586956-orig-9064d640bcfc14c53ee0eb91de79b5de

– Batik Keraton

Batik Keraton merupakan batik yang dikhususkan motif tertentu yang hanya boleh digunakan oleh anggota kerajaan tertentu seperti raja maupun keluarganya. Batik ini seringkali mengandung makna dan filosofi hidup.

– Batik Sudagaran
Batik sudagaran adalah batik yang muncul sebagai perlawanan dan penentangan terhadap motif keraton yang terkesan ekslusif. Oleh karena itu, seniman membuat batik yang memiliki kesamaan motif dengan batik keraton sehingga dapat digunakan oleh orang banyak. Dahulunya, batik Sudagaran biasanya merupakan batik keraton yang ditambahkan motif tertentu diatasnya sehingga terkesan lebih rumit dan lebih indah dari batik keraton.
– Batik Cuwiri
Batik ini terkesan mistis karena dipercaya mampu membantu orang yang sakit dalam proses penyembuhan orang sakit dengan cara menyelimuti orang yang sakit.
– Batik Sekar Jagad
Batik ini merupakan batik yang paling umum di Indonesia. Makna motif ini adalah kecantikan atau orang yang membuat orang melihat menjadi terpesona
– Batik Kawung
Batik kawung merupakan batik yang berpola seperti buah kawung yaitu sejenis kelapa atau kolang kaling.

– Batik Sido Mukti

Batik ini merupakan batik yang sering digunakan oleh warga solo dalam upacara perkawinan. Memberikan makna harapan kebahagiaan lahir batin.

– Batik Sido Luhur
Batik ini adalah salah satu macam batik yang berasal dari kraton surakarta. Batik ini merupakan batik yang sering dikenakan oleh pengantin wanita di malam pengantin di daerah solo.

Sumber : http://hariannetral.com/2014/07/macam-macam-batik-di-indonesia-beserta-motif-batik.html

Yuks kita liat pesona batik di Indonesia, cuss… 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s